Senin, 08 Juli 2013

PERTANYAAN KUNCI - BAB 4

 Bab 4

1. Jelaskan pendapat anda apabila ada yang mengatakan bahwa untuk menjadi pengusaha diperlukan bakat dan factor keturunan? Bakat memang dapat membantu seseorang menjadi pengusaha, namun bukanlah satu-satunya penentu untuk menjadi pengusaha. Kenyatannya, banyak pengusaha dapat meraih kesuksesan yang diawali oleh adanya keterpaksaan dan kondisi hidup yang sulit, serta banyak pula pengusaha sukses bukan karena factor keturunan. Sebagai contoh, pemilik Griya Bersih Sehat Ir.Haryono (Alumnus Teknik Sipil ITB) yang mengembangkan usahanya sampai ke Negara tetangga, bukanlah berasal dari keturunan keluarga pengusaha.

2. Jelaskan 3 motif social menurut Mc Clelland dan hubungannya dengan keberhasilan pengusaha?

1.Bagi orang-orang yang memiliki n-Ach yang tinggi, uang bukanlah pemicu motivasi tetapi lebih berperan sebagai tolak ukur pencapaian sasaran.
2.Mc Clelland menemukan bahwa orang dengan n-Ach yang tinggi tidak membuat seseorang menjadi manajer yang efektif, sebab seorang manajer harus dapat mempengaruhi, membujuk, atau memberi inspirasi kepada bawahannya. Seperti yang telah diungkapkan, n-Pow tidak har us mempunyai konotasi negative, sebab pada kenyatannya beberapa jabatan atau pekerjaan, seperti guru dan manajer, memerlukan n-Pow.
3.Kebutuhan untuk berafiliasi (n-Aff), merupakan kebutuhan yang berkaitan dengan memantapkan, melestarikan, atau memperbaiki hubungan dengan orang lain. Secara ringkas dapat dikatakan bahwa n-Aff berfokus pada usaha untuk membina suasana persahabatan dan menghimpun teman.

3. Uraikan cara anda dapat membangun motivasi berprestasi dan menggunakan kekuatan alam bawah sadar anda?
Bila anda telah memprogram bahwa diri anda tidak mampu menjadi pengusaha, maka berarti anda telah berbicara dengan diri anda sendiri (self talk) bahwa anda tidak mampu. Akibatnya, anda akan berhenti berusaha karena anda yakin tidak bisa. Sebaliknya bila anda mempunyai keyakinan akan mampu menjadi pengusaha sukses, maka hasilnya juga akan positif, karena anda akan menggunakan segala daya upaya untuk meraihnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar